Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 3 No. 3 (2020): October

Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika

Laili Nur Hidayatul Latifah (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Khusnul Fajriyah (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Fajar Cahyadi (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Pembelajaran yang kurang menarik minat belajar dan perhatian siswa menyebabkan timbulnya beberapa hal diantaranya, peserta didik umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kemandirian belajar peserta didik masih kurang mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 35 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis uji t di peroleh t hitung > t tabel yaitu 9,100 > 1,690. Jadi, Model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan dapat meningkatkan dengan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...