Kurangnya minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik mengenai materi organ gerak hewan dan manusia dikarenakan buku ajar tematik tidak terfokusnya pada suatu materi dan penggunaan media yang kurang tepat, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk buku saku berbasis literasi sains untuk meningkatkan minat belajar tema organ gerak hewan dan manusia pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah buku saku berbasis literasi sains, sedangkan objek penelitian ini adalah minat belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,33 dengan persentase 83% dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,40 dengan 85%, serta data angket minat belajar diperoleh 89% atau sebanyak 16 siswa pada kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa buku saku berbasis literasi sains yang layak dan efektif digunakan sebagai pendamping dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian pengembangan buku saku berbasis literasi sains ini adalah memotivasi siswa untuk aktif didalam proses pembelajaran sehingga berdampak baik pada hasil belajar siswa.
Copyrights © 2020