Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 1 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Perbandingan dan Skala

Nurul Istiqomah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala melalui penerapan model pemecahan masalah Polya pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sidoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis metode interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun rata-rata kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala pada prasiklus 55,93; siklus I 74,79; dan siklus II 84,38. Ketuntasan klasikal pada prasiklus sebanyak 4 peserta didik (26,67%), siklus I sebanyak 12 peserta didik (80%), siklus II sebanyak 15 peserta didik (100%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pemecahan Masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sidoharjo tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...