Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 15 No 1 (2022): DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.15 No.1 Maret 2022

Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Syariah

Azlia Fahira (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tri Inda Fadhila Rahma (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)
Rahmi Syahriza (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Syariah. Dimana pada Bank Sumut Syariah terjadi ketidakpuasan nasabah terhadap layanan elektronik yang diberikan oleh bank, seperti sulitnya nasabah untuk melakukan transaksi akibat server Bank Sumut yang kurang lancar. E-satisfaction adalah kepuasan pelanggan sehubungan dengan pengalaman pembelian sebelumnya dengan perusahaan e-commerce yang diberikan. E-satisfaction sebagai sebuah kondisi psikologis dimana hasil yang muncul ketika konsumen membuka M-Banking dapat sesuai dengan harapannya. E-Satisfaction dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu E-Service Quality. E-Service Quality merupakan pelayanan yang diberikan pada jaringan internet sebagai perluasan dari kemampuan suatu situs untuk memfasilitasi kegiatan belanja, pembelian, dan distribusi secara efektif dan efisien. Di dalam E-Service Quality terdapat 4 Dimensi yang diperlukan untuk mengukur kepuasan nasabah, yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian meliputi nasabah pengguna M-Banking Bank Sumut Syariah dan penentuan sampel menggunakan metode ketetapan akurasi slovin sehingga jumlah sampel penelitian adalah 96 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-4 dimensi dari E-Service Quality yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Syariah. Besarnya pengaruh parsial ke-4 dimensi dari E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah adalah sebesar 62,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdeb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal dinamika Ekonomi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Banjarmasin. Terbit pertama kali tahun 2004. Dari tahun ke tahun jurnal ini tumbuh dan terus hadir hingga saat ini. Jurnal Dinamika Ekonomi mempunyai tujuan mengembangkan kajian ilmiah di bidang ...