Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi materi maqashid al-syariah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan usaha yang bisa dilakukan guru dalam mentransformasikan nilai-nilai maqashid al-syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, urgensi materi maqashid al-syariah dalam mata pelajaran PAI adalah untuk menanamkan pemikiran dan pemahaman yang baik dan benar kepada para peserta didik tentang tujuan pokok dari ditetapkannya syariat Islam, yaitu: memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta benda. Kelima hal inilah yang menjadi substansi ajaran al-Qur’an dan Hadits yang akan mengantisipasi para peserta didik terpengaruh oleh paham intoleransi dan radikalisme agama. Kedua, usaha yang bisa dilakukan oleh guru PAI dalam mentransformasikan nilai-nilai maqashid al-syariah kepada para siswa antara lain: guru PAI harus mampu memahami konsep maqashid al-syariah sebagai tujuan utama pensyariatan dari setiap ajaran Islam termasuk yang terkadung dalam materi PAI, guru PAI harus mampu menguasai konsep tentang sabab al-nuzul dari suatu ayat atau sabab al-wurud dari suatu hadits, sehingga dalam memahami dan menyampaikan ayat al-Qur’an atau Hadits tidak terjebak hanya pada tataran tekstual semata, dan guru PAI harus mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang tafsir al-Qur’an mu’tabar sehingga mampu memberikan sebuah simpulan tentang hikmah al-tasyri’ yang bermuara pada maqashid al-syariah.
Copyrights © 2019