Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING DILENGKAPI HANDOUT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR

Nurhayati, Nanik Dwi ( Pendidikan Kimia FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Sukardjp, JS. - ( Pendidikan Kimia FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2014

Abstract

Telah dilakukan penelitian Cooperative Learning berbasis Problem Solving yang dilengkapi Handout pada mata pelajaran kimia di kelas X.2 ICT 2 SMA Muhammadiyah 1Karanganyar. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative berbasis Problem Solvingdapat meningkatkan aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 75,63% menjadi 80,56% pada siklus 2. Prestasi belajar kognitif pada siklus 1 sebesar 72,51% menjadi 80,28% pada siklus 2, serta prestasi belajar afektif  pada siklus 1 sebesar 50% menjadi 72,22%.  

Copyrights © 2014