Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI ANALISIS ENZIM HATI

Sulistyowati, Anastasia Rina ( Akademi Analis Kesehatan Nasional Surakarta)
Sudarsiman, Suciati - ( Universitas Sebelas Maret Surakarta)
-, Sugiyarto - ( Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan Analis Kesehatan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor melalui implementasi perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan pendekatan SAVI pada materi analisis enzim hati. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang telah ada dengan menggunakan metode R and D berdasarkan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi: identifikasi masalah; pengumpulan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji terbatas; revisi produk; uji lapangan; revisi produk. Data yang diperoleh merupakan hasil belajar mahasiswa yang dianalisis dengan Uji Beda dan uji lanjut dengan bantuan Software PASW versi 18. Hasil validasi susunan (construct) 97,82 dengan keterangan validasi Layak Digunakan. Validasi isi (content) diperoleh nilai rerata 100 dengan keterangan validasi Layak Digunakan. Desain produk dinyatakan layak digunakan untuk diujikan di lapangan sampai dengan uji terbatas. Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa setelah dilakukan implementasi perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan pendekatan SAVI pada materi analisis enzim hati.  

Copyrights © 2014