Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Kelas VI Di SDN 29/I Terusan Muaro Sebo Ilir

Regita Faradila Eka Fitri (Universitas Jambi)
Nova Indah Gultom (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Menggali berdasarkan penelitian yang dilakukan penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk menumbuhkembangkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan wawancara dan observasi di SDN 29/1 Terusan. PBL merupakan model pembelajaran belajar yang berbasis masalah sehingga siswa mampu dalam memecahkan masalah dengan pengetahuannya sendiri. PBL bercirikan dengan masalah yang rill sebagai bahan belajar siswa untuk melatih dan menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis serta pemecahan masalah yang berbasis HOTS. Hots adalah alah satu komponens yang harus dikembangkan dalam setiap pelaksanaa proses pembelajaran kurikulum 2013. Pada aktivitas belajar juga harus dirancang agar siswa mampu memiliki keterampilan berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah dalam persoalan pada proses pembelajaran. Pada aktivitas belajar PBL siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung dan dapat mengubah tingkah laku baik dari kualitas dan kuantitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...