Rendahnya manajerial skill pelaku UMKM seperti kemampuan peramalan, pemahaman dan keterampilan pelaku usaha khas di Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Ciamis. Adapun tujuan penelitian adalah memberikan pemahaman tentang digitalisasi ke pelaku usaha tersebut sehingga dapat meningkatkan penjualan produksinya serta untuk menganalisis penerapan digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM Saroja. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualiatif dengan mengambil data primer berupa wawancara dengan responden serta data sekunder dari kantor Desa dan UMKM. dengan Objek penelitian adalah pelaku usaha UMKM yang telah menekuni usaha dalan rentang waktu yang lam.a Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan peramalan, penyuluhan dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peramalan, pemahaman dan keterampilan pelaku usaha berimplikasi terhadap peningkatan pemasaran berbasis digitalisasi, dan omzet penjualan. Kata kunci : Forcasting, UMKM, digitalisasi, keterampilan.
Copyrights © 2022