Proceeding Biology Education Conference
Vol 10, No 1 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

STUDI KOMPARASI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK DAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF

Yunita Rahmawati (Unknown)
Baskoro Adi Prayitno (Unknown)
Meti Indrowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat miskonsepsi pada materi sistem ekskresi siswa  kelas XI IPA SMA N 4 Surakarta tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme tipe Novick dan pembelajaran konstruktivis-kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu  menggunakan Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan  teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda disertai CRI (Certanty of Response Index) dan lembar observasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Anakova taraf signifikansi 5 % dengan skor  pre-test  sebagai kovariatnya. Hasil uji hipotesis tingkat miskonsepsi siswa melalui pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dan konsruktivis kolabortif diperoleh nilai p-value< 0,05 (0.002 < 0.05),  sehingga dapat dikatakan terdapat  perbedaan tingkat miskonsepsi siswa SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Novick dan  pembelajaran berbasis kontruktivis-kolaboratif. Kata kunci : Pembelajaran Kontruktivisme Tipe Novick, Pembelajaran Kontruktivis-Kolaboratif, Tingkat Miskonsepsi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...