Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Nurul Fitrah (Unknown)
Ida Ermiana (Unknown)
Itsna Oktaviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif karena kemampuan tersebut merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental type Nonequevalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari 22 siswa dari kelas III SDN 02 Sila dan 28 siswa dari kelas III SDN Inpres Leu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis yaitu tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh data yang menunjukkan hasil Thitung sebesar 2.064 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 22 + 28 = 48. Maka diperoleh Ttabel sebesar 1.677 pada taraf signifikan 0.05 (5%). Berdasarkan kriteria penerikan kesimpulan pada uji hipotesis jika Thitung > Ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang didapat Thitung > Ttabel (2.064 > 1.677) artinya, Ha yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...