Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 1 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.1, Mei 2022

Penerapan Model penugasan Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas VIII C SMP Negeri Anreapi

Pratiwi, Indah (Unknown)
Dermawan, Dermawan (Unknown)
Lauda, Hasanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang model pembelajaran yang diterapkan guna mengetahui apakah dengan menggunakan penerapan model penugasan mampu meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar PPKn. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kels VIII C SMP Negeri Anreapi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021  yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini sebanyak dua siklus. Siklus 1 sebanyak dua kali pertemuan dan siklus 2 sebanyak dua kali pertemuan sedangkan pengambilan data dilakukan pada akhir siklus 1 dan siklus 2. Penerapan model penugasan dapat meningkatkan  tanggung jawab siswa siklus 1 dengan skor  rata-rata sebanyak 63,09, kemudian ke siklus 2 dengan skor rata-rata 91,8. Penerapan model penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan mencapai dengan skor rata-rata 81,36 pada siklus 1  kemudian ke siklus 2 dengan skor rata-rata 90. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan lembar obaservasi dan kuesioner penilaian diri dan tes hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn dengan penerapan model penugasan dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar pembelajaran PPKn peserta didik kelas VIII C SMP Negeri Anreapi.

Copyrights © 2022