Pada umumnya siswa kurang tertarik untuk belajar fisika karena merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit. Mempelajari fisika merupakan suatu petualangan. Proses belajar mengajar (PBM) di sekolah masih banyak menggunakan model konvensional yang dirasa membosankan dan akibatnya banyak pelajar masa kini sulit memahami pelajaran yang dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan PBM di luar kelas salah satunya dengan memberikan bimbingan belajar (bimbel) tambahan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan oleh bidang pendidikan yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis online yang dikenal sebagai bimbingan belajar online (bimbel online). Metode yang digunakan pada penulisan ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Media aplikasi bimbingan belajar online menjadi salah satu alternatif yang dapat sangat berperan membantu siswa dalam belajar terutama pada pembelajaran fisika. Hasil akhir yang pastinya ingin didapatkan yaitu siswa tidak lagi kesulitan dalam memahami pelajaran fisika yang dipelajari di sekolah, serta meningkatnya semangat, minat, dan bakat siswa dalam pemecahan masalah terkait fisika.
Copyrights © 2020