Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa selama proses pembelajaran pada bimbingan TIK melalui penerapan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan sekolah (School Action Research), yang dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah dan dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. siswa kelas IX SMPN 1 Marisa, yang berjumlah 48 siswa. Mata pelajaran yang menjadi sasaran penelitian adalah mata pelajaran bimbingan TIK. Teknik pengumpulan data dengan kegiatan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa pada materi melakukan TIK tahun pelajaran 2021/2022. Sebelum dilakukan penelitian, persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 38%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 65% dan pada siklus II mencapai 90%.Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa
Copyrights © 2022