JAMBURA Guidance and Counseling Journal
Vol 3 No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1: Mei 2022

Gambaran Gejala Stress Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

Nurafni Rosmala Dewi (Universitas Jambi)
Asradi (Universitas Jambi)
Fellicia Ayu Sekonda (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online semenjak terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Selama pembelajaran daring diberlakukan terdapat kendala maupun hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa. sehingga terdapat mahasiswa yang mengalami stress akademik selama mengikuti pembelajaran daring, hal ini karena adanya ketidakmampuan serta ketidaksiapan mahasiswa dalam melakukan penyesuaian terhadap tekanan maupun tuntutan pembelajaran selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tingkatan gejala stress akademik yang dialami oleh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 308 orang mahasiswa, dengan sampel sebanyak 174 orang mahasiswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan pengukuran menggunakan model skala likert. Hasil penelitian mengenai gambaran gejala stress akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 174 orang mahasiswa berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 57,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgcj

Publisher

Subject

Education

Description

School Counseling Psychology Counseling Career Counseling; Couple Marriage and Family Counseling Mental Health Counseling Supervision Theory Development Professional Counseling Ethnic International Counseling and Multicultural Issues Program Applications and Integrative Reviews from Counseling and ...