Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 4, No 1 (2022): Februari

Analisis Model Mental Siswa dalam Mentransformasikan Konsep Laju Reaksi Melalui Multipel Representasi

Masrid Pikoli (Universitas Negeri Gorontalo)
Kadek Sukertini (Universitas Negeri Gorontalo)
Ishak Isa (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mental siswa dalam mentrasformasikan konsep laju reaksi melalui multipel representasi siswa SMA Negeri 1 Limboto. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel berjumlah 150 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase model mental yang dimiliki siswa adalah: model mental Inisial (36,2%), model mental Sintetik (29,4%) dan model mental Saintifik (34,4%). Multipel representasi siswa dalam memahami konsep laju reaksi masih sangat rendah pada level submikroskopik. Penyebab terbentuknya model mental siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...