Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukatif pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan, peneliti menemukan beberapa permasalahan 1) Kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru; 2) Belum terciptanya pembelajaran interaktif; 3) Menurunnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat terciptanya pembelajaran dua arah dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat lebih antusias mengikuti pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dikarenakan adanya pandemikCovid-19, produk ini diuji cobakan hanya pada dua ahli media, satu ahli materi, serta uji pengguna one to one dan small group. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 97% dari ahli materi, 87% dari ahli media. Hasil uji coba pengguna 93% untuk tahap one to one dan 97% untuk tahap small group. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif ini termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik (SB)” sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” kelas IV Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022