Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2020): April

Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Terhadap Nilai Belajar IPS

Novita Dewi Hastuti (Unknown)
Sunan Baedowi (Unknown)
Singgih Adhi Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS)  terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis berjumlah 18 siswa tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian instrumen yang digunakan adalah (1) tes (2) observasi (3) wawancara  dan (4) dokumentasi.  Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji hipotesis (uji-t), dan uji ketuntasan belajar. Uji normalitas untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Uji ketuntasan belajar digunakan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya nilai belajar dengan tolak ukur KKM. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) efektif terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest lebih tinggi daripada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk nilai belajar sebesar 16,09968944 dan ttabel 2,0232 karena thitung (16,09968944) > ttabel (2,0232) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t nilai belajar signifikan. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...