Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2020): April

Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Arifudin Mahmudi (Unknown)
Joko Sulianto (Unknown)
Ikha Listyarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2020

Abstract

Perbedaan pemberian perhatian orangtua terhadap siswa di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung diduga memiliki hubungan terhadap hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan perhatian orangtua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas IV dan orangtua siswa kelas IV. Prosedur pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan data perhatian orangtua dengan kategori sangat cukup diperoleh 9 siswa dengan presentase 24,3%, perhatian orangtua dengan kategori cukup diperoleh 12 siswa dengan presentase 32,4%, perhatian orangtua dengan kategori kurang diperoleh 11 siswa dengan presentase 29,7%, perhatian orangtua dengan kategori sangat kurang diperoleh 5 siswa dengan presentase 13,6%. Rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori sangat baik diperoleh 20 siswa dengan presentase 54,1%, rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori baik diperoleh 11 siswa dengan presentase 29,7%, rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori cukup diperoleh 6 siswa dengan presentase 16,2%. Jadi,perhatian orangtua memiliki korelasi dengan hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...