Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2020): Oktober

Pengembangan Media Exe-Learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Mastiur Verawati Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam belajar sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media exe-learning pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini termasuk dalam research and deployment. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Teknik Pengambilan data dengan menggunakan angket (kuesioner). Hasil penelitian yaitu penilaian validator ahli pada tahap I  dengan skor rata-rata 2,70 dan pada tahap II  dengan skor rata-rata 3,71 sehingga produk dinyatakan telah memenuhi kriteria kelayakan, sedangkan untuk respon pendidik (Dosen) mendapatkan skor rata-rata 3,71 dengan kriteria sangat menarik dan respon peserta didik (mahasiswa) dengan skor rata-rata 3,66 termasuk dalam kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media exe-learning pada topik kesetimbangan kimia yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Media exe-learning yang dikembangkan untuk pembelajaran kima dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...