Saat ini tidak dipungkiri merupakan masa-masa dimana kita dituntut bersabar dalam melakukan segala aktivitas. Batasan jarak yang harus dilakukan untuk memutus mata rantai Virus Covid 19 ini membuat kita mau tak mau melakukan semua pekerjaan dari rumah, Work From Home. Begitu juga dalam proses belajar mengajar, yang semula bertemu di kelas, sekarang harus bertemu lewat layar gadget masing-masing. Dengan demikian banyak tugas-tugas yang diberikan kepada mahasiswa melalui e-learning. Dari sinilah kita akan mengetahui minat mahasiswa dalam mengerjakan tugas di e-learning. Oleh sebab itu penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengetahui Adapun tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan beban tugas yang diberikan di e-learning dengan minat belajar mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Pendidikan IPS SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-pos facto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional. Analisis dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu: (1) Analisis prasyarat yaitu: uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas digunakan untuk menguji apakah variabel bebas dan variabel terikat berdistribusi normal atau tidak, uji normalitas menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18. Hasil analisis diperoleh bahwa terdapat hubungan korelasi antara beban tugas dengan minat mahasiswa hal ini ditunjukkan dengan nilai sig.0,01 yang lebih kecil dari 0,05. Serta hubungan antara beban tugas dan minat mahasiswa bersifat hubungan positif hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung 0,377 lebih besar dari rtabel yaitu 0,213. Jadi, hasil penelitian dapat diakatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara beban tugas dan minat mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Copyrights © 2021