BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022)

PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Hani Sri Mulyani (Universitas Majalengka)
Deni Istiono (Universitas Majalengka)
Wulan Riyadi (Universitas Majalengka)
Melia Wida Rahmayani (Universitas Majalengka)
Nita Hernita (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi covid-19 berdampak ke penjualan UMKM. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi covid-19 yaitu agar memaksimalkan penjualan online diharapkan agar UMKM dapat bertahan. Permasalahan yang muncul yaitu banyak UMKM khususnya di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka yang belum memahami akan pentingnya digital marketing dan pembuatan toko online. Banyak UMKM yang masih melakukan pemasaran secara tradisional. Padahal saat ini pemasaran digital merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk kelangsungan usahanya. metode yang akan dilakukan atas dasar permasalahan yang muncul yaitu dengan cara memberikan pelatihan serta pendampingan kepada para pelaku UMKM terkait digital marketing dan pembuatan toko online. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu agar pelaku UMKM lebih memahami dampak yang terjadi saat ini dan kedepannya, sehingga pelaku UMKM diharapkan mampu memanfaatkan peluang baik ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...