Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan dalam menyelesaikan masalah open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Konawe Selatan yang terdiri dari 5 kelas paralel yang berjumlah 109 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada indikator mengajukan dugaan tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 79,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator melakukan manipulasi matematika tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 65,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49, kemampuan penalaran matematis pada indikator menarik kesimpulan dari pernyataan tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 49,6, kemampuan penalaran matematis pada indikator memeriksa kesahihan suatu argumen tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 32,4, dan kemampuan penalaran matematis pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi tergolong sangat rendah dengan rata-rata sebesar 2,6.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022