Belantika Pendidikan
Vol 3, No 2 (2020)

Implementasi Model MPI untuk Pengembangan Modul Mata Kuliah Analisis dan Desain Sistem Informasi di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM

Muhammad Aditya (Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145, Indonesia)
Slamet Wibawanto (Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145, Indonesia)
Gunawan Gunawan (PPPPTK BOE Malang Jl. Teluk Mandar, Arjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65102)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul cetak pada mata kuliah ADSI di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM dengan menerapkan kompetensi berdasarkan kurikulum Pendidikan Teknik Informatika UM tahun 2019. Pengembangan bahan ajar modul cetak dirasa tepat karena sesuai dengan karakterisik mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ADSI. Model penelitian dan pengembangan yang diterapkan adalah Model Pengembangan Instruksional (MPI). Model ini dipilih karena langkah pengembangannya lengkap namun fokus untuk mengembangkan bahan ajar hingga siap digunakan. Selain itu, model ini dipilih karena menyediakan rancangan urutan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah ADSI. Teknik analisis  data  dilakukan  dengan  menggunakan teknik deskriptif  kuantitatif. Hasil menunjukkan secara keseluruhan produk bahan ajar modul cetak yang dikembangkan mendapatkan persentase 88,15%, yang berarti sangat valid, atau sudah dapat digunakan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational ...