Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran tanya jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PPKn; dan (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan Metode pembelajaran tanya jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PPKn terhadap peningkatan hasil belajar siswa; Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subyek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara dengan pembelajaran model Cooperatif Learning. Adapun hasil analisis data dalam penelitian ini adalah dari siswa yang berjumlah 36 siswa yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara dengan pembelajaran model Cooperatif Learning ada17 orang yang dapat dinyatakan lulus (47,22%) dan sisanya sekitar 19 orang dinyatakan belum lulus (52,78%). Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan belum tuntas. Ketidaktuntasan tersebut terlihat dari bukti prosentase kelulusan seluruh siswa hanya mencapai 47,22%. Prosentase tersebut jauh dari prosentase ideal antara 80%-100%. Bahkan prosentase kelulusan tersebut ternyata lebih kecil daripada persentase ketidaklulusan.
Copyrights © 2022