EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022)

Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar

Wina Puspita (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Anisa Fiola Karimah (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Raden Ayu Sekar Arum Handayani Khairunnisa (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
M Ilham Firdaus (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan kegiatan pembelajaran di sekolah dasar dalam perspektif Islam. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan hadits siswa adalah melalui penggunaan media pembelajaran dalam bentuk KOMIKIDS (Komik Islam Edukatif Digital Musik). KOMIKIDS  dirancang berdasarkan kehidupan sehari-hari yang dialami siswa dengan judul Alarm Hadits Kak Ucil. Pembuatan KOMIKIDS ini bertujuan untuk mempermudah siswa belajar hadits. KOMIKIDS berisikan muatan materi hadits percaya diri, hadits mandiri, dan hadits bertanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Design and Development (D&D) dengan melibatkan siswa kelas 3 sekolah dasar dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil uji validitas menunjukkah bahwa sebanyak 98,9% siswa dan 95,7 % guru menyatakan bahwa produk KOMIKIDS layak digunakan dalam pembelajaran hadist.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...