EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022)

Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Eka Elva Ulivatul Habibah (Universitas Negeri Surabaya)
Novi Trisnawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Keberhasilan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dipengaruhi banyak faktor mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, fasilitas pendukung, kecerdasan, bakat, kreativitas, kondisi fisik, minat belajar dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa, pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa, pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa SMKN 10 Surabaya pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19 . Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang ditetapkan adalah siswa kelas XI OTKP di SMKN 10 Surabaya sebanyak 144 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 106 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner dan dokumentasi. Intrumen penelitian berupa angket dan analisis data melalui regresi linier berganda. Berdasarkan nilai F-hitung > nilai F tabel yaitu 21,490 > 3,08 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05  maka hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa SMKN 10 Surabaya pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Nilai R Square pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 29,4 % .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...