EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Hubungan Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Hasna Azizah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Meyta Dwi Kurniasih (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara perhatian orang tua dan kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar selama pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan berjumlah 58 siswa kelas IV SDN Rambutan 02, 29 siswa dari kelas IV-A dan 29 siswa dari kelas IV-B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner yang berjumlah 22 pernyataan untuk memperoleh data mengenai perhatian orang tua dan soal uraian berjumlah 5 soal untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa, instrumen yang digunakan  telah dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Chi Square. Hasil yang diperoleh yaitu 0,05 0,018 artinya ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kemampuan literasi matematika. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perhatian orang tua yang maksimal akan menghasilkan kemampuan literasi matematika yang baik. Namun, perhatian orang tua yang kurang diperoleh oleh siswa akan menghasilkan kemampuan literasi matematika yang kurang baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...