Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang menjadi temuan observasi dilapangan. Banyaknya siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal terkait dengan volume bangun ruang menjadi indikasi menjadi akar masalah rendahnya hasil belajar. Pendekatan Matematika Realistik menjadi salah satu solusi yang memungkinkan dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun ruang siswa di SDN 12 Andaleh Baruh Bukik dengan menggunakan endekatan matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 12 Andaleh Baruh Bukik yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada setiap siklus mengalami peningkatan, Rata-rata hasil belajar siklus I mencapai 70,83 dengan tingkat ketuntasan 7 orang siswa (58 %) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 79,42 dengan tingkat ketuntasan 10 orang siswa (83%). Peningkatan lainnya juga terjadi pada aktivitas belajar pada setiap siklus juga mengalami peningkatan. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar matematika pada materi bangun ruang siswa kelas VI SDN 12 Andaleh Baruh
Copyrights © 2022