EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

Hatmiah Hatmiah (STKIP Pembagunan Indonesia, Indonesia)
Elpisah Elpisah (STKIP Pembagunan Indonesia, Indonesia)
Muhammad Ilyas Thamrin Tahir (STKIP Pembagunan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengatahui hubungan antara perhatian orang tua, konsep diri, motivasi dengan hasil belajar ekonomi. Metode yang peneliti gunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi berjumlah 948 siswa. Pemilihan sampel secara (Cluster Random Sampling) sampel sebanyak 87 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner, dokumentasi. Analisis data mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perhatian Orang Tua (x1) tidak memiilki hubungan dengan Motivasi (x3) karena nilai sig, (2 tailed) > 0,05 atau 0,889 > 0,05. 2) Nilai Konsep Diri (x2) memiilki hubungan dengan Motivasi (x3) karena nilai sig, (2 tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05. 3) Motivasi (x3) tidak memiilki hubungan dengan Hasil Belajar (y) karena karena nilai sig, (2 tailed) > 0,05 atau 0,090 > 0,05. Dapat simpulkan bahwa Perhatian Orang Tua (x1) Konsep Diri (x2) Motivasi (x3) tidak memiliki hubungan dengan Hasil Belajar (y) karena nilai sig. (2 tailed) > 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...