Penelitian ini bertujuan mengatahui hubungan antara perhatian orang tua, konsep diri, motivasi dengan hasil belajar ekonomi. Metode yang peneliti gunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi berjumlah 948 siswa. Pemilihan sampel secara (Cluster Random Sampling) sampel sebanyak 87 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner, dokumentasi. Analisis data mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perhatian Orang Tua (x1) tidak memiilki hubungan dengan Motivasi (x3) karena nilai sig, (2 tailed) > 0,05 atau 0,889 > 0,05. 2) Nilai Konsep Diri (x2) memiilki hubungan dengan Motivasi (x3) karena nilai sig, (2 tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05. 3) Motivasi (x3) tidak memiilki hubungan dengan Hasil Belajar (y) karena karena nilai sig, (2 tailed) > 0,05 atau 0,090 > 0,05. Dapat simpulkan bahwa Perhatian Orang Tua (x1) Konsep Diri (x2) Motivasi (x3) tidak memiliki hubungan dengan Hasil Belajar (y) karena nilai sig. (2 tailed) > 0,05.
Copyrights © 2022