Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran jigsaw di tinjau dari hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah filsafat pendidikan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 36 mahasiswa pendidikan BK yang mengikuti kuliah filsafat pendidikan. Teknik dan perangkat pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes tertulis. Teknik analisis yang dilakukan ialah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan siklus I, terlihat bahwa 58 % mahasiswa memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi, rata-rata kelas 69, dan ketuntasan belajar 70%. Diketahui 84,8 % mahasiswa pada siklus II memiliki motivasi yang kuat atau sangat tinggi untuk belajar. Nilai rata-rata kelas adalah 81, dan ketuntasan belajar 87,9 persen. Dapat disimpulkan bahwa memasukkan model pembelajaran jigsaw dalam mata kuliah filsafat pendidikan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2022