EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Deskripsi Kemampuan Calon Guru Kimia dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Nyemas Hidayati (Universitas Tanjungpura)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura)
Maria Ulfah (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Pendidik adalah tenaga profesional yang memiliki peran utama adalah mendidik, mengajar, mengajar, melatih, mengevaluasi dan mengevaluasi anak usia dini formal, siswa dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan calon guru kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Tanjungpura dalam mengajukan pertanyaan tentang kemampuan berpikir tinggi (HOTS). Format survei ini adalah survei deskriptif dengan menggunakan metode survei kuantitatif, kualitatif dan deskriptif. Jumlah mata kuliah tersebut terdiri dari 44 mahasiswa yang berencana mengajar kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjunpura. Rubrik ulasan pertanyaan HOTS penjelasan dengan 12 titik akhir dan lembar wawancara berfungsi sebagai alat penelitian. Data dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data kemampuan siswa kimia dalam mengajukan soal HOTS berdasarkan hasil evaluasi rubrik soal HOTS berupa penjelasan, dengan rata-rata kognisi 58,70%, 53,21% dan 53,83%, Skor di level C4, C5 dan C6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 95,49% siswa termasuk dalam kategori kurang baik ketika mengajukan pertanyaan HOTS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...