Pendidik adalah tenaga profesional yang memiliki peran utama adalah mendidik, mengajar, mengajar, melatih, mengevaluasi dan mengevaluasi anak usia dini formal, siswa dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan calon guru kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Tanjungpura dalam mengajukan pertanyaan tentang kemampuan berpikir tinggi (HOTS). Format survei ini adalah survei deskriptif dengan menggunakan metode survei kuantitatif, kualitatif dan deskriptif. Jumlah mata kuliah tersebut terdiri dari 44 mahasiswa yang berencana mengajar kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjunpura. Rubrik ulasan pertanyaan HOTS penjelasan dengan 12 titik akhir dan lembar wawancara berfungsi sebagai alat penelitian. Data dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data kemampuan siswa kimia dalam mengajukan soal HOTS berdasarkan hasil evaluasi rubrik soal HOTS berupa penjelasan, dengan rata-rata kognisi 58,70%, 53,21% dan 53,83%, Skor di level C4, C5 dan C6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 95,49% siswa termasuk dalam kategori kurang baik ketika mengajukan pertanyaan HOTS.
Copyrights © 2022