EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Stiany Shalma (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode drill sebagai peningkatan hasil belajar matematika siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dengan cara mencari artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Metode drill atau latihan merupakan suatu metode yang dalam pembelajarannya melakukan kegiatan -kegiatan latihan secara berulang dan kontinyu dengan tujuan untuk menguasai kemampuan daya ingat atau keterampilan tertentu, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Berdasarkan data 10 artikel jurnal yang dianalisis, dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar matematika di beberapa sekolah dasar di Indonesia, baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi. Dalam implementasinya, metode drill dengan kelebihannya menjadikan siswa mendapat pengaruh yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuannya sehingga siswa menjadi lebih terampil baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun, hambatan – hambatan yang terjadi pun tidak bisa kita abaikan. Untuk itu, guru harus mengimplementasikan metode drill dengan cara yang menyenangkan, misalnya melalui games ataupun dipadukan dengan metode – metode lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...