Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Kajian ini ialah penelitian kuantitatif noneksperimental menggunakan pendekatan korelasi. Responden pada kajian ini merupakan populasi siswa kelas VIII SMP dari salah satu SMP swasta di Kabupaten Karawang sejumlah 30 siswa. Instrumen pada kajian ini, yaitu kuesioner motivasi belajar matematika dan data hasil belajar matematika siswa berupa hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 dari guru mata pelajaran. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji pearson product moment sebab dua data yang didapat terdistribusikan secara normal. Hasil dari uji pearson product moment diperoleh bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikansi sejumlah 0,252 > 0,05. Nilai koefisien korelasinya adalah 0,216 yang berarti bahwa tingkat hubungannya berkategori rendah, dan mempunyai arah hubungan positif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022