EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Korelasi antara Motivasi Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Karawang

Asiah Hanifatul Huda (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Attin Warmi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Kajian ini ialah penelitian kuantitatif noneksperimental menggunakan pendekatan korelasi. Responden pada kajian ini merupakan populasi siswa kelas VIII SMP dari salah satu SMP swasta di Kabupaten Karawang sejumlah 30 siswa. Instrumen pada kajian ini, yaitu kuesioner motivasi belajar matematika dan data hasil belajar matematika siswa berupa hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 dari guru mata pelajaran. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji pearson product moment sebab dua data yang didapat terdistribusikan secara normal. Hasil dari uji pearson product moment diperoleh bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikansi sejumlah 0,252 > 0,05. Nilai koefisien korelasinya adalah 0,216 yang berarti bahwa tingkat hubungannya berkategori rendah, dan mempunyai arah hubungan positif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...