EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Hubungan antara Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Selvia Yuniar (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Maratun Nafiah (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Rosinar Siregar (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matenatuka pada siswa kelas V di SDN Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klender 03 Pagi, SDN Klender 04 Pagi, SDN Klender 10 Pagi, dan SDN Klender 22 Pagi dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa uraian soalĀ  untuk mengukur variabel kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel resiliensi matematis dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,6 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan . Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel resiliensi matematis terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 37,09% dan sisanya sebesar 62,91% dipengaruhi oleh faktor lain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...