Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies).
Vol 1 No 2 (2021): April

PERAN PEMBELAJARAN KITAB AL-MABADI AL-FIQHIYYAH DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI MUSHOLLA SABILAL MUHTADIN KARANGDUREN BALUNG JEMBER

Siti Dalilah Candra Devi (IAI AL-QODIRI Jember)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pembelajaran kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah dalam membentuk nilai religius santri di musholla Sabilal Muhtadin Karangduren Balung Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakna pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data melalui oservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui trianggulasi data dan trianggulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri mempunyai pribadi religius diwujudkan dengan sholat berjama’ah, pembacaan wirid seusai sholat berjama’ah, pembelajaran kitab-kitab salaf dan mengaji Al-Qur’an, seluruh rangkaian ibadah tersebut dilaksanakan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pai

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). a Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education. Published twice a year in October and April. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Islamic Religious Education Study ...