Journal of Educational Chemistry (JEC)
Vol 2, No 2 (2020)

Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)

Ari Oktaviani (Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang)
K Anom (Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang)
Betty Lesmini (Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran terintegrasi STEM-PBL “Topik Jenis Media Tanam Untuk Pertumbuhan Tanaman Selada Secara Hidroponik” yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan  field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi. Hasil uji kepraktisan didapatkan skor rata-rata pada tahap one-to-one sebesar 0,93 dan pada tahap small group sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi (praktis). Hasil uji field test didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi (efektif). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jec

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Journal of Educational Chemistry (JEC) is a journal managed by Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (the Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Walisongo State Islamic University). This Journal aims to ...