ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 1 No 1 (2021): (Februari 2021)

Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali)

Eka Restiani Fatimah (Institut Agama Islam Yasni Bungo)
Istikomah Istikomah (Institut Agama Islam Yasni Bungo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh seorang tokoh dari barat yaitu Jean Piaget dan seorang tokoh dari Timur (Islam) yaitu Al-Ghazali. Kedua tokoh ini merupakan tokoh yang mempunyai konsep perkembangan kognitif yang perlu dikaji lebih jauh lagi. Penelitian ini menggunakan metode Studi Pustaka (library research), Penelitian ini bersifat deskriptif, komparatif, analitik, yaitu menjelaskan, membandingkan dan menganalisis pemikiran Jean Piaget dan Al-Ghazali secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah: Konsep perkembangan kognitif anak usia dini dalam pandangan Jean Piaget dan Al-Ghazali memiliki karakteristik dan ciri-ciri masing-masing. Dalam merumuskan perkembangan kognitif anak usia dini pandangan kedua tokoh memiliki sebuah titik temu atau hubungan yang terdapat dalam aspek kemampuan dari tiap tahap yang dilewati pada proses perkembangan kognitif. tahapan perkembangan kognitif anak usia dini menurut Jean Piaget ada dua tahap yaitu: tahap sensorimotor dan pra-operasional. Sedangkan tingkatan perkembangan kognitif menurut Al-Ghazali yaitu: Al-Aql al-Hayuni dan Al-Aql bi al-Malakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alayya

Publisher

Subject

Religion Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini the journal is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. Journal aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the ...