Rendahnya aktivitas pada proses pembelajaran berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa salah satu penyebabnya diantaranya, rendahnya wawasan ilmu pengetahuan, penyajian pembelajaran tidak menarik, kurang menantang, kurang tertanam kemandirian, serta tidak terpenuhinya kebutuhan belajar mahasiswa. Berkenaan dengan hal tersebut maka seorang pengajar perlu menerapkan inovasi baru dengan pemanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer (powerpoint,internet dan blog) agar tecapai pembelajaran yang komprehensif. Dengan menggunakan metode deskriptif, penulis menerapkan media pembelajaran berbasis komputer pada mata kuliah ISBD untuk meningkatkan aktivitas belajar sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)   Terjadi peningkatan aktivitas belajar pada proses pembelajaran, ketepatan dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen serta suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan terjadi komunikasi interaktif (2) Terjadi peningkatan prestasi belajar dengan melihat hasil  nilai UTS sebaran nilai 64 s.d. 85. data tersebut dapat disimpulkan  tergolong kategori baik atau tinggi mempunyai pengaruh cukup bai. (3) terdapat pengaruh yang positif antara aktifitas belajar dengan prestasi belajar dengan memberikan kontribusi/pengaruh sebesar r2 = 0,7592 = 57,61% termasuk katagori cukup baik.(4.) adanya keberhasilan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan terjadi interaktif antara dosen dan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa dengan adanya forum community ISBD (FaceBook) semuanya dapat berinteraksi dan Blog sebagai sarana ajang kreatifitas mahasiswa sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk menulis.
Copyrights © 2014