JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 1 (2022)

PENGARUH EFIKASI DIRI, PERENCANAAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA DIMODERASI LAYANAN INFORMASI KARIR

Ari Susilowati (Unisbank Semarang, Indonesia)
Mohammad Fauzan (Unisbank Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Tujuan Penelitian adalah (1) menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa, (2) menganalisis pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja siswa, (3) menganalisis pengaruh layanan informasi karir terhadap kesiapan kerja siswa, (4) menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja yang dimoderasi layanan informasi karir, (5) menganalisis pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja yang dimoderasi layanan informasi karir siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman Batang. Jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman, Batang sebanyak 492 orang siswa tahun ajaran 2020/2021 dan sampel penelitian sebanyak 155 siswa (31,5 % dari populasi). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesionair. Teknik analisis menggunakan model regresi quasi moderasi. Temuan penelitian adalah (1) efikasi diri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa, (2) perencanaan karir tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa, (3) layanan informasi karir berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa, (4) layanan informasi karir tidak memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa, (5) Layanan Informasi karir tidak memoderasi pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 1 Kandeman, Batang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...