Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

PENGARUH CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BERBELANJA PADA DISTRO BATTLEBOOM STORE DI KOTA PALU

Masjaya Kamaliono (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Rosida P Adam (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Syamsul Bachri Daeng Parani (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of store image, consisting of store location, product, price, service, promotion, and physical facilities, on customers’ shopping satisfaction at The Battleboom Store in Palu City. Type of research is quantitative. Sample consists of 100 respondents who shopped at The Battleboom Store in Palu City, who selected with a non-probability sampling technique, named purposive sampling. Method of analysis is multiple linear regressions. The result shows that store image simultaneously affects customer satisfaction. However, there are two dimensions of store image that are store location and physical facilities that have non-significant influence on customers’ shopping satisfaction at The Battleboom Store in Palu City. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel citra toko yang terdiri dari lokasi toko, produk, harga, pelayanan, promosi, dan fasilitas fisik terhadap kepuasan pelanggan berbelanja pada Battleboom Store di Kota Palu. Jenis Penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitiaan ini sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah berbelanja pada Battleboom Store di Kota Palu. Teknik pengambilan sampel untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik non probability sampling, yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel citra toko berpengaruh secara serempak terhadap kepuasan pelanggan. Namun, terdapat dua dimensi dari variabel citra toko yaitu lokasi toko dan fasilitas fisik yang berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja pada Battleboom Store di Kota Palu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jimut

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan ...