AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 5 No 2 (2021): September

PENGGUNANAAN METODE AL-QAWAID WA AL-TARJAMAH TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN TEKS BACAAN BAHASA ARAB MTs. Al-MADANIYAH JEMPONG KOTA MATARAM

zaki, zaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2021

Abstract

Bahasa merupakan suatu sistem yang arbitrer, yang digunakan untuk komunikasi dan tukar fikiran antar kelompok manusia tertentu. Bahasa arab adalah bahasa al-Quran, bahasa informasi dan bahasa komunikasi, dan sekaligus menjadi salah satu bagian dari bahasa internasional. Oleh karena itu mempelajari bahasa Arab sangatlah penting, dengan banyaknya sumber ilmu pengetahuan yang menggunakan bahasa Arab. Ketika kita mempelajari bahasa Arab harus memiliki empat komponen keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik bagi pembelajar bahasa Arab, yaitu ketrampilan mendengar (maharah istima), keterampilan berbicara (maharah kalam), ketrampilan membaca (maharah qiroah) dan keterampilan menulis (maharah kitabah). Setelah menguasai empat komponen keterampilan tersebut, maka pembelajaran lain akan berjalan dengan optimal. Akan tetapi banyak permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya para pembelajar bahasa Arab yang menganggap bahwa mempelajari bahasa Arab itu sulit dan membosankan. dengan kesulitan inilah yang menjadi tantangan bagi para pemerhati pendidikan dan guru bahasa Arab untuk menentukan sebuah metode pengajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercipta suasana belajar yang menyenangkan, dan dapat menimbulkan perhatian dan motivasi belajar bahasa Arab bagi peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...