Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Implementasi Tugas Guru Pembimbing Khusus Serta Kendala sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Sekolah Inklusi Kota Surabaya

Nindya Ayu Rizqianti (Unknown)
Putri Kartika Ningsih (Unknown)
Ediyanto Ediyanto (Unknown)
Asep Sunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Sebuah sekolah dikatakan inklusif ditandai dengan adanya anak berkebutuhan khusus di sekolah umum. Beberapa kota di Indonesia telah melaksanakan pendidikan inklusif dan mendapatkan hasil yang beragam dalam pelaksanaannya. Untuk memfasilitasi segala kebutuhan dan pelayanan anak berkebutuhan khusus maka sekolah perlu menambahkan guru pendamping khusus atau GPK. Guna mewujudkan suatu pendidikan inklusi yang ideal, ada beberapa aspek yang perlu dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh, satu diantaranya adalah kompetensi dasar tenaga pendidik. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu terungkapnya beberapa kendala implementasi pendidikan inklusif dan gambaran pengetahuan profesional dari GPK di sekolah dasar inklusi kota Surabaya yang sesuai dengan kebutuhan tenaga pendidik di sekolah guna terciptanya pendidikan inklusi yang ideal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...