Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Repetisi)
Vol 5, No 1 (2022): REPETISI VOLUME 5 NOMOR 1

Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII MTS Wathoniyah Islamiyah Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020

Uly Fikriyyah (Unknown)
Mimi Mulyani (Unknown)
Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Mts Wathoniyah Islamiyah Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020” yang merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kesadaran serta pengetahuan guru untuk menganalisis kualitas butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan validitas, (2) mendeskripsikan reliabilitas, (3) mendeskripsikan indeks daya pembeda (IDB), (4) mendeskripsikan indeks tingkat kesukaran (ITK), serta (5) mendeskripsikan keefektifan pengecoh soal penilaian akhir tahun mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs Wathoniyah Islamiyah tahun ajaran 2019/2020. . Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni (1) observasi, (2) pemilihan sampel, (3) pengambilan data, (4) analisis data berdasarkan validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesukaran (ITK), indeks daya pembeda (IDB), dan efektivitas pengecoh.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat 36 atau 80% butir soal valid, 9 atau 20% butir soal tidak valid, (2) nilai koefisiensi Alpha Cronbach sebesar 0,732 sehingga soal dinyatakan reliabel, (3) indeks tingkat kesukaran soal sebanyak 5 atau 11% soal sukar, 31 atau 69% soal sedang, dan 9 atau 20% soal mudah,. 4) indeks daya pembeda soal sebanyak 1 atau 2% soal negatif, sebanyak 8 atau 18% soal jelek, 19 atau 42% soal sedang, 9 atau 20% soal baik, serta 8 atau 18% soal sangat baik, (5) Efektivitas pengecoh terdapat 0 atau 0% dengan kriteria semua pengecoh berfungsi, baik berjumlah 0 atau 0% dengan kriteria satu pengecoh tidak berfungsi, Buruk berjumlah 4 atau 9% dengan kriteria dua pengecoh tidak berfungsi, dan sangat buruk 41 atau 91% dengan kriteria tiga/semua pengecoh tidak berfungsi.Kata Kunci: Analisis kualitas butir soal, efektivitas pengecoh., IDB, ITK, reliabilitas, validitas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

repetisi

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan keilmuan bidang pendidikan, bahasa, ...