Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8, No 1 (2022): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam

Problematika Pelaksanaan bimbingan Mata Kuliah Ibadah Ibadah kepada Mahasiswa Universitas Muhamdiyah Pontianak

M.Alias Elin B Sumantri (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pelaksanaan bimbingan Mata Kuliah Ibadah Ibadah kepada Mahasiswa Universitas Muhamdiyah Pontianak. Latar belakang yang menjadi alasan adalah bimbingan yang di lakukan oleh dosen kepada mahasiswa ada beberapa problem yang muncul dikalngan mahasiswa adalah dari hasil penelitian kepada  mahasiswa dan  Pengalaman selama menjadi dosen Al  Islam dan Kemuhammadihan di kampus Universitas Muhammdiyah Pontianak  sejak  tahun 2004  ada  fakta menarik  bahwa  bahwa mahasiswa tidak pernah mendengar dan menerima materi ibadah mahdhah khususnya bacaan dan gerakan sholat sesuai Himpunan Majelis tarjih  atau HPT Muhammadiyah. Kemudian Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif, pelaksanaan penelitian ini di Kampus Um Pontiank dengan subyeknya adalah dosen dan mahsiswa yang ada di prodi psikologi Um Pontianak.Adapun rujukan utama dalam yang menjadi sumber bacaan materi Ibadah Mahdah adalah HPT PP Tarjih Muhammadiyah dengan materi khusus Sholat wajib, sholat Jenazah, Mandi Junub, Tayamum dan doa lainnya.  Dari hasil penelitian menunjukkan ada 10 faktor yang  menjadi Problematika yang dapat menghambat menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah, dan doa diantaranya berasal dalam diri Malas dan Bosan ( 16 – 23 /  41 %),Lemah Ingatan ( 18-21  / 46 %) ,Tidak Konsisten (18-21 / 46%),Hati tidak Jernih atau pusing ( 14-25 / 35.9%) ,Faktor Usia ( 12-27/ 30.6 %), Selain muncul dari dalam diri penghafal, masalah dalam menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah dan doa  juga dapat  disebabkan dari luar darinya sendiri atau Eksternal yaitu: Adanya pengaruh gedget (17-22/ 43.6 %,Tidak mampu mengatur waktu dengan efektif  (18-21/ 46.2%,Adanya Resitasi atau penugasaan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), Tidak adanya pembimbing ( ustad, guru, dosen) ketika menghafal Al-Qur’an (16-23/ 41 %), Tidak pernah mengenal bacaan sholat dari  HPT Muhammadiyah (15-24/ 38.5 %). Dari hasil peneletian tersebut yang domominan responden memberikan inforemasi adalah adanya Resitasi atau Penugasan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), hal ini menunjukkan bahwa materi tersebut dengan strategi penugasan atau Penugasan atau Resitasi  oleh dosen pemibimbing ketika menghafal materi ibadah mahdhah hasilnya cukup baik  dan dapat d lihat prestsasi mahasa denga katagori  nilai B dan  AKata kunci : Problematika Pelaksanaan Bimbingan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TaK

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam ...