ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pelaksanaan bimbingan Mata Kuliah Ibadah Ibadah kepada Mahasiswa Universitas Muhamdiyah Pontianak. Latar belakang yang menjadi alasan adalah bimbingan yang di lakukan oleh dosen kepada mahasiswa ada beberapa problem yang muncul dikalngan mahasiswa adalah dari hasil penelitian kepada mahasiswa dan Pengalaman selama menjadi dosen Al Islam dan Kemuhammadihan di kampus Universitas Muhammdiyah Pontianak sejak tahun 2004 ada fakta menarik bahwa bahwa mahasiswa tidak pernah mendengar dan menerima materi ibadah mahdhah khususnya bacaan dan gerakan sholat sesuai Himpunan Majelis tarjih atau HPT Muhammadiyah. Kemudian Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif, pelaksanaan penelitian ini di Kampus Um Pontiank dengan subyeknya adalah dosen dan mahsiswa yang ada di prodi psikologi Um Pontianak.Adapun rujukan utama dalam yang menjadi sumber bacaan materi Ibadah Mahdah adalah HPT PP Tarjih Muhammadiyah dengan materi khusus Sholat wajib, sholat Jenazah, Mandi Junub, Tayamum dan doa lainnya. Dari hasil penelitian menunjukkan ada 10 faktor yang menjadi Problematika yang dapat menghambat menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah, dan doa diantaranya berasal dalam diri Malas dan Bosan ( 16 – 23 / 41 %),Lemah Ingatan ( 18-21 / 46 %) ,Tidak Konsisten (18-21 / 46%),Hati tidak Jernih atau pusing ( 14-25 / 35.9%) ,Faktor Usia ( 12-27/ 30.6 %), Selain muncul dari dalam diri penghafal, masalah dalam menghafal Bacaan Sholat, Bacaan Sholat Jenazah dan doa juga dapat disebabkan dari luar darinya sendiri atau Eksternal yaitu: Adanya pengaruh gedget (17-22/ 43.6 %,Tidak mampu mengatur waktu dengan efektif (18-21/ 46.2%,Adanya Resitasi atau penugasaan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), Tidak adanya pembimbing ( ustad, guru, dosen) ketika menghafal Al-Qur’an (16-23/ 41 %), Tidak pernah mengenal bacaan sholat dari HPT Muhammadiyah (15-24/ 38.5 %). Dari hasil peneletian tersebut yang domominan responden memberikan inforemasi adalah adanya Resitasi atau Penugasan ketika menghafal ( 9-30 / 76.9 %), hal ini menunjukkan bahwa materi tersebut dengan strategi penugasan atau Penugasan atau Resitasi oleh dosen pemibimbing ketika menghafal materi ibadah mahdhah hasilnya cukup baik dan dapat d lihat prestsasi mahasa denga katagori nilai B dan AKata kunci : Problematika Pelaksanaan Bimbingan
Copyrights © 2022