Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Masalah penelitian adalah apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktifitas siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Popolii Kecamatan Walea Kepulauan.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifa siswa dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Popolii.Penelitian ini di laksanakan dengan dua siklus yang dimulai dengan prosedur perencanaan,pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran IPS dengan materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya,penggunaan metode diskusi yang dilaksanakan dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas IV SD Negeri Popolii Kecamatan Walea Kepulauan.Hal tersebut dapat di lihat dari siklus I dan II pada aktivitas guru IPS dalam mengorganisasikan siswa secara heterogen membentuk siswa dalam lima kelompok yang terdri dari empat orang siswa.Berdasarkan lembar hasil observasi aktifitas mengajar guru di peroleh presentase skor siklus I pertemuan pertama 60 % dan pertemuan kedua 68,33 %, presentase skor siklus II pertemuan pertama 71,67 % dan pertemuan kedua 85 %.Selanjutnya denga menggunakan metode diskusi aktifitas siswa dapat meningkat dimana siswa sudah aktif bertanya, siswa sudah berani mengemukakan pendapat,kerja sama serta siswa memiliki minat dan perhatian dalam mengikuti pelajaran IPS.Berdasarkan lembar hasil observasi keaktifan siswa diperoleh presentase skor siklus I pertemuan pertama 50,41 % dan pertemuan kedua 61 % presentase skor siklus II pertemuan pertama 65 % dan pertemuan kedua 77 %. Kata Kunci : Aktifitas siswa, Metode diskusi, Pelajaran IPA
Copyrights © 2016