Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir analitis mahasiswa calon guru Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya pada materi dinamika partikel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya dengan melibatkan 48 mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah mekanika pada tahun akademik 2020/2021 sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian berstruktur yang berjumlah sembilan pertanyaan. Berdasarkan analisis data, menunjukkan kemampuan berpikir analitis mahasiswa calon guru fisika tergolong kategori rendah dengan masing-masing persentase indikator proses kognitifnya yaitu indikator membedakan 34,33%, indikator mengorganisasikan 14,06%, dan indikator menghubungkan 15,27%.Kata kunci: Berpikir analitis; tes uraian terstruktur; hukum Newton dan gaya.
Copyrights © 2021