Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di SD Inpres 1 Ongka

Adji, Arlin Greys ( FKIP UNTAD)
Rede, Amran (Unknown)
As.A, Mestawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ongka. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 32 orang kelas V SD Inpres Ongka tahun pelajaran 2014-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ongka, pada materi perubahan wujud benda dan peubahan sifat benda di tes awal : siswa yang tuntas 16 orang atau persentase 50% dengan daya serap klasikal 65,47% atau nilai rata-rata 65%. Pada Siklus I meningkat siswa yang tuntas 24 orang atau 75% dengan daya serap klasikal 75,94%, . Dan pada siklus II meningkat siswa yang tuntas 30 orang atau persentase 95% dengan daya serap klasikal sebesar 87,03%.  dan aktivitas guru dan siswa pada  tindakan siklus I pertemuan  ke 1 dan 2 dalam kategori cukup dan baik dalam siklus II meningkat dalam kategori baik dan sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Kooperatif STAD

Copyrights © 2016