Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar siswa Kelas IV SDK Siendeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 14 orang dari 20 siswa sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 70% dan daya serap klasikal sebesar 71,25%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 95% dan daya serap klasikal 85,25 %. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode diskusi dengan manfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDK Siendeng. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Diskusi
Copyrights © 2016