Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I SD Inpres Gunung Sari

Widya, I Kadek ( FKIP UNTAD)
Efendi, Efendi (Unknown)
Barasandji, Sahrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SD Inpres Gunungsari. Oleh karena itu, Peneliti berupaya  meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SD Inpres Gunungsari dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS). Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) sebagaimana dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggar dengan empat tahapan.  Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut dinyatakan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I SD Inpres Gunungsari pada siklus I pertemuan 1 sebesar 61.11% atau sebanyak 11 orang siswa yang tuntas dan pada pertemuan 2 sebesar 77.78% atau 14 orang yang tuntas.  Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 sebesar 94.44% atau 17 orang yang tuntas dan pada pertemuan 2 mencapai 100% atau seluruh siswa yang berjumlah 18 orang menjadi tuntas dalam membaca permulaan. Selanjutya dalam proses pembelajaran yang menggunakan metode SAS tersebut aktivitas guru meningkat sebesar 11.11% dari siklus I ke siklus II dan diikuti oleh rata - rata kenaikan aktivitas siswa sebesar 5.02% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian penggunaan metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres Gunungsari. Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, metode struktural analitik sintetik (SAS).

Copyrights © 2016